Website Handal Bikin Produk Makin Laris Terjual

Website Handal Bikin Produk UMKM Makin Laris Terjual

Sewaktu kuliah dulu, saya pernah mendapat tugas dari mata kuliah Kewirausahaan (KWU). Tugasnya adalah membantu UMKM agar bisnisnya meningkat, baik itu dalam hal produksi, pemasaran, keuangan, dan sebagainya. Ini adalah salah satu tugas yang menarik sekaligus menantang bagi kami sebagai mahasiswa saat itu.

Setelah mendapat penjelasan dari dosen, saya langsung bergerak. Langkah pertama yang saya lakukan adalah mencari UMKM yang akan dibantu.

Awalnya saya sempat kebingungan mencari UMKM. Bukan karena UMKM-nya tidak ada, hanya saja saya tak bisa memilih sembarangan. Saya punya beberapa pertimbangan agar memudahkan saya dalam mengerjakan tugas tersebut.

Sampai kemudian saya teringat dengan pelaku UMKM di daerah saya, yaitu penjual kerupuk nasi. Saya sengaja memilih penjual kerupuk nasi karena produk tersebut bisa dibilang sebagai produk oleh-oleh atau khas dari daerah tempat saya tinggal. Dengan demikian saya berharap tidak hanya membantu pelaku UMKM saja tetapi juga membantuk produk lokal daerah saya agar semakin dikenal.

Sesuai namanya, kerupuk nasi berbahan dasar nasi dan bahan lainnya seperti tepung tapioka, garam, dan penyedap rasa. Bentuknya bulat dengan garis warna merah di pinggirannya.

Kerupuk nasi dijual dalam keadaan mentah sehingga dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama. Itu juga yang menjadi salah satu pertimbangan saya. Karena nanti saya akan mempromosikannya secara luas, saya perlu produk yang bisa disimpan dan dikirim dengan aman.

Kerupuk nasi cap jembatan rumpiang khas marabahan yang dipromosikan menggunakan website
Produk Kerupuk Nasi Cap Jembatan Rumpiang

Ada beberapa penjual kerupuk nasi di tempat saya. Saya mencari yang bukan sekadar menjual tapi memang memproduksi sendiri. Saya kemudian pergi ke pasar. Alhamdulillah ketemu orangnya.

Saya lanjutkan dengan sedikit wawancara dengan beliau yang secara usia sudah cukup berumur. Salah satu yang menjadi perhatian saya adalah cara pemasaran yang selama ini beliau jalankan.

Seperti dugaan saya, beliau memasarkan produknya masih secara tradisional dengan menggelar dagangan di pasar dari pagi sampai siang. Kadang-kadang juga menerima pelanggan yang datang langsung ke rumah. Beliau belum mencoba beradaptasi menggunakan teknologi terkini.

Saya memaklumi akan hal tersebut. Selain karena usia, pemahaman dan akses teknologi saya kira juga terbatas. Karena itulah saya ditugaskan untuk membantu beliau.

Go Digital, Cara Agar Produk Laris Terjual

Saya memutuskan untuk membantu penjual kerupuk nasi tersebut dalam bidang pemasaran. Saya anggap saat itu pemasaran adalah hal yang sangat penting untuk beliau. Hal itu saya simpulkan dari wawancara saya dengan penjual dan analisis SWOT yang saya buat. Selain itu saya memilih bidang pemasaran karena saya lebih memahami bidang tersebut dibandingkan bidang lainnya.

Di hari-hari selanjutnya, saya melakukan promosi di media sosial dengan cara memposting foto-foto produk beserta copywriting. Saat itu media yang saya gunakan adalah Instagram, Facebook, Twitter, BBM, Line, dan blog.

.

Strategi pemasaran yang saya lakukan saat itu ada dua tujuan. Pertama adalah mengajak orang-orang membeli secara langsung.

Kedua, memperkenalkan produk kerupuk nasi itu sendiri. Meskipun orang-orang tidak langsung membeli, setidaknya mereka sudah pernah mendengar ada panganan khas daerah yang bernama kerupuk nasi. Sehingga kalau mereka berkunjung ke daerah saya, harapannya mereka ingat dengan kerupuk nasi dan menjadikannya sebagai oleh-oleh. Dalam dunia marketing strategi semacam ini disebut juga sebagai Indirect Costumer Conversion.

Kebetulan produk tersebut juga sudah punya merek sendiri, yaitu Kerupuk Nasi Cap Jembatan Rumpiang. Merek tersebut menjadi pembeda dengan produk sejenis lainnya.

Promosi yang saya lakukan membuahkan hasil sesuai harapan. Apa yang saya lakukan membuat semakin banyak orang yang tahu dengan Kerupuk Nasi. Hal ini bisa kita lihat salah satunya dari interaksi di sosial media.

Interaksi di salah satu platform media sosial
Interaksi di media sosial

Penjualan juga terjadi. Bahkan ada beberapa konsumen yang berasal dari luar Kalimantan.  

Chat pembeli setelah melakukan promosi secara digital
Chat salah satu calon pembeli yang berasal dari luar Kalimantan

Membangun Kepercayaan Konsumen Online dengan Website

Belajar dari kasus di atas, satu hal yang pasti adalah tentang pentingnya UMKM untuk melakukan digitalisasi bisnis termasuk dalam bidang pemasaran. Hanya dalam beberapa bulan, dapat kita lihat hasilnya bahwa jangkauan konsumen menjadi lebih luas bahkan sampai ke luar pulau. Sebuah hasil yang sulit tercapai jika hanya mengandalkan cara-cara tradisional dalam berjualan.

Di era sekarang ada banyak sekali strategi pemasaran digital yang dapat pelaku UMKM gunakan. Salah satunya adalah memiliki website.

Seperti penjelasan saya sebelumnya, saya juga menggunakan website dalam membantu pemasaran kerupuk nasi. Saat itu saya menggunakan yang gratisan saja. Maklumlah mahasiswa dengan dana terbatas. Hehe.

Promosi menggunakan website memungkinkan sebuah produk dapat muncul di mesin pencarian seperti Modzila Firefox, Google, dan sebagainya. Seperti kerupuk nasi yang saya promosikan. Hasilnya masih bisa dilihat sampai sekarang. Hal ini dapat membuat sebuah brand mudah dicari sekaligus lebih dipercaya calon konsumen.

Manfaat menggunakan website
Website tempat saya mempromosikan kerupuk nasi masih ada sampai sekarang

Perlu kamu ketahui bahwa bisnis online erat kaitannya dengan kepercayaan. Penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung dan produk pun hanya dapat dilihat dari gambar atau video. Karena itu penjual harus mampu mendapatkan kepercayaan konsumen.

Website menjadi salah satu cara yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk. Telah banyak UMKM yang merasakan manfaat memiliki website. Secara akademis banyak juga penelitian yang menunjukkan adanya pengaruh positif antara keberadaan website dengan kepercayaan konsumen.

Selain bertujuan mendapatkan kepercayaan konsumen, website juga membuat tampilan bisnis menjadi lebih rapi dan menarik. Website ibarat sebuah etalase yang memajang produk kamu dengan indah.

Kamu pastinya pernah berjalan-jalan di sebuah mall dan melihat etalase di depan toko yang memajang produk mereka. Bagaimana tampilannya? Sangat menarik, bukan?

Sekarang bayangkan bisnismu akan mempunyai etalase online yang siap memanjakan calon konsumen yang berkunjung.

Terlebih lagi jika kamu memiliki website berkonsep e-commerce. Dengan demikian konsumen bisa langsung melakukan transaksi melalui website bisnis kamu. Tentu ini akan semakin memudahkan konsumen berbelanja.

Bikin Website Bisnis Semakin Mudah

Jangan mengira kalau website hanya untuk perusahaan besar. UMKM pun seharusnya perlu memiliki website. Justru karena masih skala UMKM itulah kamu perlu memiliki website agar mendapat kepercayaan konsumen dan dapat meningkatkan penjualan. Jangan malah berpikir sebaliknya.

Membuat website di era sekarang tidak sesulit yang kamu bayangkan. Kamu tak harus belajar coding, menjadi programmer atau harus ahli computer terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan wordpress untuk membuat website dengan mudah.

Sarana belajar membuat website juga tersedia sangat banyak, mulai dari bentuk tulisan hingga video. Mulai dari gratis sampai berbayar. Selama kamu punya kemauan pasti ada jalan.

Kalau kamu punya budget lebih, tak ada salahnya untuk menggunakan jasa pembuatan website. Dengan begitu kamu hanya perlu belajar cara mengelola website saja.

Selama ini telah banyak UMKM yang menyadari pentingnya memiliki website sebagai salah satu pendukung kemajuan bisnis. Jika kamu tak segera ambil tindakan untuk memiliki website, kamu yang akan tertinggal.

Ingatlah bahwa persaingan kian sengit. Segera atur strategi bisnismu agar tidak kalah bersaing.

Hal yang penting sebelum mempunyai website adalah memiliki hosting. Hosting ibarat tanah tempat kamu akan membangun rumah (dalam hal ini adalah website). Tentu tidak mungkin kan kamu bisa membangun rumah tanpa memiliki tanah.

Selain hosting, kamu juga perlu memiliki domain. Nah, domain ini sama seperti alamat dari tanah yang kamu miliki. Fungsinya agar orang lain dapat berkunjung secara tepat ke tempatmu.

Sebagai contoh. Website saya ini punya alamat atau domain yaitu mnoorfadillah.com. Kalau orang mau berkunjung, saya tinggal kasih alamatnya dan orang tersebut dapat langsung menuju ke sana.

Domain bukan sekadar nama, tetapi juga memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan konsumen. Sebaiknya kamu menggunakan domain komersil seperti .com, .id, dan sebagainya karena lebih familiar dan terpercaya.

Exabytes Indonesia Bantu UMKM Tampil Mempesona

Exabytes Indonesia adalah penyedia layanan web hosting Indonesia yang handal dan terpercaya. Selama ini Exabytes Indonesia telah banyak membantu UMKM untuk mendigitalisasi bisnis mereka.

Ada banyak keuntungan menggunakan web hosting dari Exabytes Indonesia. Antara lain backup harian gratis, sertifikat SSL gratis, garansi uang kembali 100 hari, dan control panel yang ramah pengguna.

Tersedia juga bantuan tim professional 24 jam. Jadi kalau bingung, kamu tinggal bertanya dan akan pihak Exabytes Indonesia akan membantu. Kamu bisa mendapatkan domain gratis untuk paket jenis tertentu. Jadi cukup beli hosting sudah bisa mendapatkan domain gratis dengan nama bisnis sendiri.

Keuntungan menggunakan web hosting dari Exabytes Indonesia (sumber gambar: exabytes.co.id)

Exabytes Indonesia menyediakan 4 paket pilihan web hosting murah. Dengan harga mulai dari Rp19.900 saja per bulannya (untuk paket 1 tahun). Kamu bisa berlangganan per bulan atau tahunan. Proses pembeliannya pun mudah dan tersedia berbagai alternatif pembayaran.

Selain web hosting murah, Exabytes Indonesia juga menyediakan domain murah yang bisa kamu gunakan. Ada lebih dari 400 ekstensi domain yang berbeda. Termasuk juga domain ekstensi populer seperti .com, .id, dan .co.id yang siap membuat bisnismu semakin terpercaya dan professional.

Nah lengkap sekali, bukan? Kamu bebas memilih sesuai keinginan.

Domain dari Exabytes Indonesia untuk website UMKM
Pilihan paket domain di Exabytes Indonesia. (sumber gambar: exabytes.co.id)

Jika sebelumnya kamu menggunakan paket hosting tahunan (paket cPanel 13 Plus, cPanel 13 Pro, & cPanel 13 Max), kamu bisa mendapatkan domain secara gratis tis tis.

Untuk mengetahui ketentuan dan spesifikasi lebih detail tentang produk dan layanan Exabytes Indonesia, kamu bisa kunjungi langsung website mereka di exabytes.co.id ya.

Saatnya Beraksi

Digitalisasi bisnis menjadi keharusan bagi UMKM yang ingin terus tumbuh dan berkembang seiring perubahan zaman. Sangat disayangkan jika berbagai peluang di dunia digital tidak kamu manfaatkan untuk menghasilkan keuntungan.

Jika kamu tak mengambil keuntungannya, maka kamu hanya akan mendapatkan kerugiannya. Yaitu para pesaing bisnis kamu yang akan semakin kuat karena lebih dulu memanfaatkan teknologi digital. Mereka akan lebih cepat berinovasi dan memuaskan kebutuhan konsumen yang terus berubah dan semakin tinggi.

Oleh karena itu kamu perlu secepatnya beraksi dengan melakukan digitalisasi. Kamu bisa mulai dari membuat website professional.

Segala keperluan yang kamu butuhkan untuk itu telah tersedia di depan mata. Sekarang saatnya kamu memutuskan. Selamat mencoba.

.
0Shares
Muhammad Noor Fadillah

Menyelesaikan pendidikan S1 Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Memiliki ketertarikan di bidang ekonomi dan manajemen. Telah menerbitkan 2 buku, 1 ebook, dan banyak tulisan lainnya yang tersebar di koran, media online, blog, dan platform lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *