Manfaat website untuk UKM

Manfaat Website Untuk UKM dan Cara Membuatnya

Banyak pelaku usaha beranggapan bahwa memiliki website hanya untuk bisnis dengan skala yang besar atau untuk merek terkenal saja. Sementara jika usahanya masih kecil atau tergolong baru maka cukup yang simpel-simpel saja seperti media sosial misalnya.

Padahal sekalipun itu UKM, tidak ada salahnya memiliki sebuah website. Bahkan sangat dianjurkan. Justru dengan kehadiran website dapat menjadi senjata tambahan yang ampuh untuk mendukung pertumbuhan UKM menjadi naik tingkat terutama di era digital seperti sekarang.

Selama ini sudah banyak pelaku usaha yang memanfaatkan website untuk mengembangkan bisnisnya. Kamu pun bisa dengan mudah mencari mereka di google. Tentunya kamu juga ingin seperti itu kan?.

Kalau kamu masih ragu untuk memiliki website, bisa jadi keraguan itu karena kamu memang belum tahu manfaat website bagi UKM. Supaya kamu tambah yakin, yuk simak beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika memiliki website.

Manfaat Website Untuk UKM

Beberapa manfaat website yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Adanya website dengan tampilan profesional dapat semakin meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang kamu jalankan. Konsumen akan lebih percaya karena mereka meyakini bahwa bisnis kamu memang benar adanya.

Hal ini berbeda jika hanya sekadar membuat media sosial. Faktanya media sosial bisa dengan mudah dibuat oleh siapapun sehingga potensi terjadi penipuan lebih tinggi apalagi jika followers akun bisnis kamu masih sangat sedikit.

Alasan mengapa pelaku usaha sepertimu harus meningkatkan followers instagram dan caranya di sini

Selain itu, sebagaimana disinggung di paragraf awal bahwa banyak pelaku usaha termasuk konsumen yang menganggap bahwa website diperuntukkan bagi perusahaan atau merek terkenal. Itu artinya ketika kamu mempunyai website maka konsumen akan berpikir bahwa bisnis/merek kamu pun termasuk yang besar atau terkenal. Tentulah mereka tidak akan ragu untuk membeli.

2. Tampilan Lebih Menarik dan Informasi Lengkap

Salah satu manfaat besar memiliki website bagi UKM dan belum tentu dimiliki media lain adalah memungkinkan kamu untuk memberikan informasi produk dengan lebih lengkap, mudah dicari, dan tersusun rapi dengan tampilan yang menarik.

Website bisa menampung berbagai format seperti teks, gambar, video, hingga testimoni dari pelanggan. Kamu bisa memadukannya sehingga menarik dan nyaman untuk dilihat.

Kamu juga bisa menyediakan berbagai artikel yang berkaitan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Selain bertujuan untuk mendatangkan traffic (pengunjung), artikel yang kamu buat juga bisa memberikan edukasi, informasi, hingga hiburan kepada calon konsumen sehingga mereka semakin terdorong untuk membeli di tempat kamu.

3. Menjangkau Pasar Lebih Luas

Memiliki website ibarat membuka toko cabang baru di dunia internet. Semakin banyak “cabang usaha” yang kamu buka maka akan semakin banyak orang yang tahu dengan produk atau merek kamu.

Alamat website juga bisa kamu bagikan, baik itu melalui WA, instagram, twitter, dan media lainnya. Itu artinya website milik kamu nantinya bisa terintegrasi dengan media promosi lain sehingga akan mampu menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Pelajari cara menulis konten yang berdampak kepada pembaca di sini

4. Menghemat Anggaran

Meskipun memerlukan biaya tetapi jika kamu bandingkan dengan media promosi lainnya maka membuat website dapat menghemat anggaran. Misalnya menggunakan media konvensional untuk promosi seperti memasang iklan di koran, majalah, atau televisi yang itu semua memerlukan biaya sangat besar. Bagi UKM hal itu sulit untuk dijangkau.

Sementara jika membuat website apalagi mampu membuatnya sendiri maka biaya yang kamu keluarkan bisa lebih hemat lagi. Karena itu menggunakan website menjadi alternatif yang bisa kamu pilih sekarang ini.

.

Belajar Membuat Website Sendiri, Mengapa Tidak?

Kamu pastinya sangat tertarik kan untuk segera memiliki website. Sayangnya mungkin kamu masih terkendala masalah modal untuk menggunakan jasa pembuat website professional.

Menggunakan jasa pembuat website memang memerlukan biaya tambahan yang tidak semua UKM bisa menjangkaunya. Namun tenang saja karena hal itu bukan akhir cerita.

Kamu bisa mencoba belajar membuat website sendiri. Jangan dulu berpikir bahwa membuat website itu sulit ya. Kalau kamu belajar di tempat dan dengan pengajar yang tepat, maka yakinlah kamu akan bisa membuatnya.

Mungkin juga kamu pesimis karena kamu termasuk orang yang Gaptek (gagap teknologi). Eitsss, sebagai pelaku usaha bukankah kamu punya mindset untuk tidak mudah membuat alasan dan selalu berusaha menaklukkan setiap tantangan. Masalah gaptek itu bisa diatasi asal ada kemauan kuat dari kamu.

Sebagai bocoran, membuat website sebenarnya tidak harus bergelar sarjana atau ahli dalam hal programming, coding, IT, dan semacamnya kok. Dengan kecanggihan teknologi semua menjadi mudah. Sayang bukan, kalau tidak kamu manfaatkan.

Jika kamu masih bingung ingin belajar di mana, Habiskerja.com bisa menjadi pilihanmu untuk belajar membuat website. Pembelajaran di Habiskerja.com dilaksanakan secara online sehingga tidak ada kendala jarak dan hemat tenaga.

Pembelajarannya bisa kamu akses kapan saja tanpa ada batasan waktu. Cocok untuk kamu sebagai pelaku usaha yang pastinya punya kesibukan. Ini sesuai dengan namanya, yaitu Habis Kerja. Artinya kamu bisa belajar setelah selesai bekerja (waktu luang).

Materi pelajaran sudah disusun secara sistematis sehingga bisa diikuti oleh orang awam sekalipun. Nantinya jika kamu masih tidak mengerti, kamu bisa mengulang-ulang kembali materi pelajaran tersebut.

Kamu juga bisa bertanya secara langsung kepada pengajar jika kamu menemui kendala atau ada hal yang masih belum kamu pahami. Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk belajar di sini.

Kesempatan Bertumbuh Sudah di Depan Mata

Selain mendapatkan banyak manfaat seperti penjelasan di atas, belajar membuat website sekaligus bisa meningkatkan kemampuan kamu dalam menggunakan teknologi. Hal ini bisa  menjadi keunggulan kamu dalam berkompetisi di era digital seperti sekarang.

Sebagai pelaku usaha di era digital, sudah saatnya kamu memikirkan dan terus berusaha untuk meningkatkan skill. Jangan sampai kamu tertinggal yang akhirnya kalah dalam kompetisi yang kian ketat hanya karena kurangnya skill yang kamu miliki.

Memiliki sebuah website yang representatif untuk bisnismu bukan lagi sekadar mimpi. Kesempatan itu sudah kamu temukan sekarang. Segera ambil keputusan dan rasakan manfaatnya.

.

0Shares
Muhammad Noor Fadillah

Menyelesaikan pendidikan S1 Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Memiliki ketertarikan di bidang manajemen, marketing, dan penulisan. Suka menulis berbagai hal. Mulai dari sastra, jurnalistik, ekonomi, bisnis, dan marketing. Telah menerbitkan 2 buku, 1 ebook, dan banyak tulisan lainnya yang tersebar di koran, media online, blog, dan platform lainnya.

11,859 Komentar