Cara Bantu Teman yang Jualan

“Sederhana bagi kita. Luar biasa bagi mereka”

Siapa di sini yang punya teman jualan? Ah rasanya semua orang pasti punya. Apalagi kalau kamu yang sering jadi target jualan mereka (hehe).

Punya teman yang jualan itu sebenarnya menguntungkan. Kamu bisa mencari suatu keperluan ke mereka. Beli ke teman juga lebih bisa dipercaya. Teman rasanya tidak mungkin menipu kita. Ya kecuali teman makan teman (ups).

Nah tapi tahukah kamu bagaimana sih cara membantu teman yang jualan? Atau jangan-jangan selama ini kamu tidak pernah tahu caranya bahkan membuat usaha teman menjadi tidak berkembang?

Padahal kamu punya kesempatan besar untuk membantu teman sendiri. Kalau usaha teman berkembang dan maju, bukankah itu menjadi kebahagiaan bagi kamu juga. Hubungan dengan teman pun akan semakin baik.

Bayangkan kalau teman kamu ini nantinya jadi orang sukses. Saat dia ingat kalau kamu dulu pernah membantunya, nah bisa jadi saat itu dialah yang akan membantu kamu. Meski begitu, tetap harus ikhlas membantu ya.

Membantu teman yang jualan tidak harus dengan memberikan modal, meminjamkan toko, atau hal-hal besar lainnya. Cukup dengan hal-hal sederhana yang mungkin selama ini tidak kamu sadari.

Bantu Promosikan Usaha Teman

Bantu promosikan usaha teman. sumber: kampus production dari pexels.com

Hal sederhana yang bisa kamu lakukan adalah ikut mempromosikan usaha teman. Caranya pun bisa dengan membagikan jualan teman di sosial media, memberikan testimoni yang baik kalau kamu sudah pernah beli, atau bahkan sekadar nge-like postingan IG jualan teman.

Sangat sederhana, bukan? Meski sederhana tapi dampak ke teman kamu sangat besar. Setidaknya mereka merasa mendapat dukungan dari temannya sendiri sehingga lebih semangat berjualan.

Daripada media sosial hanya digunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, lebih baik bantu teman jualan. Tidak ada ruginya sama sekali, kok. Untuk apa followers banyak kalau tidak memberi dampak.

Beli ke Teman Aja

Beli ke teman aja. sumber: clem onojeghuo dari pexels.com

Apabila kamu perlu membeli sesuatu, sebaiknya cek dulu apakah ada teman yang jualan barang tersebut. Kalau ternyata ada, usahakan beli di mereka saja.

Andaikan harga jualan teman lebih mahal atau kualitasnya masih kurang, sebenarnya tidak terlalu masalah. Anggap saja kamu sedang bersedekah atau membantu teman. Lagipula kamu membeli jualan teman tidak setiap hari, kan? Jadi apa salahnya membantu.

Kalau sudah beli, jangan lupa untuk merekomendasikan jualan temanmu tadi ke teman yang lainnya.

Jangan Minta “Harga Teman”

Jangan minta “harga teman”. sumber: Jopwell dari pexels.com

“Kurangin dong harganya. Kita kan teman”.

“Gratis aja ya. Masa sama teman diberi harga juga?”

Hayo siapa yang suka seperti itu kalau beli jualan teman? Hal seperti ini nih yang sering terjadi dan membuat usaha teman jadi susah berkembang.

Misalnya minta potongan harga padahal margin keuntungannya tidak besar. Parahnya lagi kalau sampai minta yang gratisan. Duh jangan sampai seperti ini ya. Kalau kamu tidak bisa bantu teman, setidaknya kamu jangan menyusahkan mereka.

Jangan karena teman, kamu jadinya minta “harga teman”. Malahan kalau bisa kamu yang memberi harga lebih. Terutama kalau kamu tahu bagaimana kerasnya perjuangan teman untuk jualan. Atau kamu juga tahu bahwa teman kamu berjualan untuk membayar uang kuliah misalnya. Apakah kamu tega memperlakukan teman sendiri seperti itu?

Itulah beberapa cara membantu teman yang jualan. Harus diingat bahwa berjualan atau berbisnis itu tidaklah gampang. Karena itu perlu banyak dukungan. Kamu, bisa menjadi orang yang berperan penting lho dalam memberi dukungan tersebut.

Yuk dari sekarang lebih peduli dengan teman sendiri.

0Shares
Muhammad Noor Fadillah

Menyelesaikan pendidikan S1 Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Memiliki ketertarikan di bidang ekonomi dan manajemen. Telah menerbitkan 2 buku, 1 ebook, dan banyak tulisan lainnya yang tersebar di koran, media online, blog, dan platform lainnya.

152 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *